Mendagri Tito Karnavian Lantik PJ Gubernur Sulsel, Bachtiar Baharuddin Janji Lanjutkan Program dan Rangkul Semua Elemen

Pandawanews, Jakarta–-Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, secara resmi melantik Bachtiar Baharuddin sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023).

Bahctiar Baharuddin resmi dilantik bersamaan dengan delapan Pj Gubernur yang sebelumnya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo.

Bachtiar Baharuddin memimpin Sulsel menggantikan Andi Sudirman Sulaiman yang masa jabatannya telah berakhir. Ia akan bertugas hingga ditetapkan hasil Pilkada Sulsel 2024 mendatang.

Pelantikan Pj Gubernur tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2018 – 2023.

Kemudian Perpres 74/P Tahun 2023 tentang Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2018 – 2023.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diikuti dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Pemberhentian dengan Hormat Sejumlah Gubernur dan Wakil Gubernur.

Bahtiar Baharuddin bersama delapan Pj Gubernur kemudian maju ke depan. Dengan dibimbing Tito Karnavian, sembilan Pj Gubernur itu mengucapkan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat negara dan bangsa.”

Sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Sulsel, Bachtiar Baharuddin menjabat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri.

Sebelumnya, ia merupakan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri.

Pria asal Bone, Sulawesi Selatan, ini menapaki karier di Kemendagri mulai dari Kasubdit Ormas Ditjen Polpum.

Lulusan STPDN Jatinangor 1995 tersebut kemudian diangkat menjadi Kapuspen.

Dia juga pernah menjabat Kabag Perundang-Undangan Ditjen Polpum Kemendagri. Bachtiar pun aktif dalam perumusan peraturan perundangan-undangan terkait kepemiluan.

Dengan pengalaman yang matang dalam masalah kepemiluan, Bachtiar juga pernah diberi amanah menjadi Pj Gubernur Kepulauan Riau.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *