Disdik Hadirkan Posko Siap Sekolah Sebagai Solusi Masalah Pendidikan Anak di Makassar

PandawaNews.id – MAKASSAR,  – Dinas Pendidikan Kota Makassar menyiapkan layanan Posko Siap Sekolah yang berada di Kontainer Terpadu Makassar (Konter) yang tersebar di 143 kelurahan di Kota Makassar. Makassar.Rabu-5-7-2023.

Posko Siap Sekolah ini hadir guna memberikan akses layanan pendidikan bagi masyarakat di Kota Makassar. Di antaranya menjaring anak tidak sekolah (ATS), mencegah anak putus sekolah (APS) dan konsultasi masalah pendidikan anak jenjang PAUD, SD, SMP dan pendidikan kesetaraan.

“Upaya menjaring anak-anak yang tidak bersekolah atau berisiko putus sekolah melalui pendataan yang dilakukan. Selain itu, pos layanan ini juga memberikan konsultasi terkait masalah pendidikan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Muhyiddin, Rabu-5-7-2023.

Muhyiddin mengatakan di Konter nantinya akan menempatkan pegawai Laskar Pelangi dari Disdik Makassar  untuk membantu masyarakat dalam mengakses layanan tersebut. Dengan menunjuk penanggung jawab di setiap kelurahan yakni sekretaris lurah.

Ia menjelaskan alur pelayanan di Posko Siap Sekolah ini dimulai dengan laporan dari masyarakat. Dari laporan tersebut, masyarakat dapat memilih layanan seperti apa yang mereka butuhkan. Layanan tersebut nantinya akan tersedia melalui aplikasi yang akan dibantu oleh pegawai Disdik Makassar di Konter.

Setelah menerima laporan dan memilih layanan, Muhyiddin melanjutkan akan dilakukan analisis tindakan melalui Dashboard Disdik Makassar. Hasil dari analisis tersebut akan ditindaklanjuti oleh Tim Reaksi Cepat dari Disdik Makassar untuk memberikan solusi dan bantuan kepada masyarakat.

“Tim reaksi cepat dari Dinas Pendidikan akan ditugaskan untuk menangani masalah-masalah tersebut. Sebagai contoh, jika ada laporan bahwa seorang anak pernah bersekolah di Sekolah A namun terputus, tim reaksi cepat dari Dinas Pendidikan akan segera menghubungi sekolah tersebut,” terang Muhyiddin.

Maka dari itu, Muhyiddin berharap dengan melalui Posko Siap Sekolah ini berbagai pihak yang terlibat dapat berperan aktif dalam menangani masalah-masalah pendidikan dan memberikan layanan yang lebih baik lagi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *