Kadis PU Dampingi Wali Kota Makassar Tinjau Kesiapan Lahan Pembangunan Stadion

Pandawanews, Makassar—Kadis Pekerjaan Umum (PU) Zuhaelsi Zubir, mendampingi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Komisi V DPR RI di Makassar, Jumat (05/04/2024). Komisi V DPR RI meninjau persiapan lahan untuk pembangunan stadion berstandar internasional.

“Jadi kami dari Komisi V DPR-RI ingin memastikan kesiapan lahan dari rencana pembangunan stadion. Alhamdulillah pak Gubernur beserta Wali Kota dan Bupati Maros memediasi untuk menyiapkan lahan sehingga APBN kita masuk mengintervensi untuk pembangunan itu,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, Jumat (05/04/2024).

Dirinya menyebutkan bahwa DPR RI telah menyetujui untuk menggelontorkan APBN, terkait pembangunan stadion dengan skema multi-years. Terlebih rencana pembangunan stadion ini merupakan arahan langsung dari Presiden Indonesia Ir Joko Widodo berdasarkan aspirasi masyarakat Sulsel.

Tak hanya itu Ia juga mengapresiasi Wali Kota Danny Pomanto yang akan membangun akses jalan menuju Stadion dengan alokasi APBD Rp 200 miliar.

“Insyaa Allah tahun ini juga sudah bisa kita mulai pembangunannya (stadion). Untuk infrastruktur jalan, tidak akan jadi masalah karena akan ditangani oleh Pak Wali di bawah arahan Pak Gubernur,” kata Andi.

Sementara itu Wali Kota Makassar Danny Pomanto menyebut akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 miliar di APBD perubahan, untuk pembangunan akses jalan untuk menopang konektivitas di kawasan Stadion.

“Kami menyiapkan Rp200 miliar, tapi kelihatannya bisa lewat. Dan kami juga sementara menggambar (desain). Sehingga dana pusat bisa difokuskan ke pembangunan stadion,” ujar Danny.

Stadion bertaraf internasional ini juga memiliki kapasitas 30 ribu penonton, bahkan diharapkan bisa mencapai 50 ribu penonton, sehingga dirinya merasa bahagia karena pembangunan stadion ini merupakan mimpi dari masyarakat Sulsel dan Makassar khususnya. Tentunya dengan ROW (Right Of Way) atau lebar disesuaikan dengan kapasitas maksimal stadion, dan memperhitungkan penguraian lalu lintas dan exit yang efektif.

“Khusus jalan di dalam dengan kapasitas untuk stadion dengan ROW, lebarnya yang cukup dengan kapasitas maksimal dengan exit yang baik, saya sudah izin pak gubernur pemerintah kota akan siapkan,” ujarnya.

Kadis PU Makassar Zuhaelsi Zubir, mengungkapkan jika dirinya mendampingi Wali Kota Makassar untuk menerima kunjungan komisi V DPR RI, memastikan kesiapan lahan untuk pembangunan stadion sepakbola berstandar internasional.

“Hari ini saya mendampingi pak Wali Kota, untuk bersama-sama dengan bapak PJ Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, untuk menerima langsung kunjungan komisi V DPR RI. Yang datang untuk meninjau dan memastikan kesiapan lahan pembangunan stadion sepakbola berstandar internasional, yang selama ini diinginkan masyarakat Sulsel,” kata Zuhaelsi Zubir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *